Monday, June 19, 2017

Daftar Makanan dan Minuman Pencegah Osteoporosis

Daftar Makanan dan Minuman Pencegah Osteoporosis - Selamat datang di halaman blog kami. Pada kesempatan ini, kami akan membahas artikel mengenai Makanan dan Minuman Pencegah Osteoporosis. Maka dari itu bagi anda penderita osteoporosis simak artikel berikut yuk.


Osteoporosis merupakan penurunan kepadatan tulang yang dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause. Untuk mencegah hal tersebut, kita bia mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Makanan dam minuman tersebut adalah:
  • Susu dan produk olahan susu.
Dengan mengonsumsi makanan tersebut, anda penderita osteoporosis sangat baik untuk melakukan pencegahan sejak dini. Susu maupun produk olahan susu seperti, keju, yoghurt atau susu skim mengandung kalsium dan protein yang dapat memperkuat dan menyehatkan tulang anda.
  • Sayuran.
Sayuran memang baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan tulang. Sayuran yang dapat menyehatkan tulang tersebut seperti brokoli, bit ataupun kembang kol dengan mengkonsumsinya setiap hari demi menjaga kekuatan tulang anda.
  • Buah-buahan.
Buah-buahan yang mengandung vitamin C juga mampu membantu memperkuat kepadatan tulang seperti buah jeruk, jambu, strawberry dan nanas.
  • Kacang-kacangan.
Macam kacang-kacangan yang baik untuk mencegah osteoporosis adalah kacang kedelai, kacang lima, dan kacang lentil yang dimana semua itu kaya akan kandungan kalsium.
  • Telur.
Selain protein telur juga mengandung vitamin D alami untuk kesehatan tulang anda.
  • Wortel.
Selain untuk kesehatan mata, ternyata makanan satu ini berguna untuk mempertahankan kekuatan tulang karena mengandung alpha-carotene, beta carotene, dan betacryptoxanthin.
  • Kurma.
Kurma merupakan makanan yang memiliki rasa manis alami yang enak. Kurma ini dipercaya mengandung sumber kalsium dan juga magnesium yang bisa berguna untuk menguatkan tulang anda.
  • Ikan.
Ikan merupakan sumber kalsium dan mineral yang berguna bagi kesehatan tulang. Ikan tersebut seperti ikan salmon, sarden, tuna serta jenis ikan lainnya terutama yang mengandung omega3.
  • Suplemen untuk kesehatan tulang.
Jika anda jarang mengonsumsi makanan-makanan diatas. Maka anda bisa mengonsumsi suplemen kalsium untuk meningkatkan struktur tulang pada tubuh anda.

Selain makanan-makanan diatas, makanan-makanan dibawah ini juga memiliki kandungan kalsium yang dapat mencegah serta mengobati osteoporosis.
  1. Jamur.
  2. Tempe.
  3. Tahu.
  4. Udang rebon.
  5. Udang kering ukuran kecil.
  6. Teri tawar kering.
  7. Kepiting.
  8. Udang segar.
  9. Ragi.
Itulah makanan dan minuman yang baik bagi pencegahan osteoporosis. Selain itu, anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga secara teratur serta rajin berjemur dibawah sinar matahari pagi hari untuk menjaga kekuatan tulang.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam upaya pencegahan serta pengobatan Osteoporosis. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa.


No comments:

Post a Comment