Monday, June 19, 2017

Jenis, Gejala, Penyebab serta Pengobatan Rematik

Jenis, Gejala, Penyebab serta Pengobatan Rematik - Penyakit rematik merupakan penyakit yang sering dijumpai oleh kebanyakan masyarakat. Rematik sendiri adalah suatu penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan serta pembengkakan. Kondisi, ini lama kelamaan akan bisa menghancurkan jaringan persendian dan bentuk tulang penderita. Penyakit ini juga termasuk kedalam penyakit kronis yang bisa menahun yang sering menyerang tulang serta persendian manusia.



Penyakit rematik sendiri ternyata banyak sekali jenisnya, namun jenis rematik yang sering dijumpai adalah:
  • Osteoartritis, dimana persendian yang akan terasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, yang  lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan. Persendian yang sering terkena dampaknya adalah leher, kaki, jari, pinggang, lutut dan pinggul yang bisa disebabkan oleh faktor bertambahnya usia. Gejala yang sering dirasakan seperti sendi terasa sakit, terasa kaku, membengkak, dan persendian akan terasa hangat. Pemeriksaan kondisi ini dapat diperiksa melalui Tes darah, X-ray, menganalisan cairan sendi, dan MRI.
  • Lupus, merupakan kondisi yang berkaitan erat dengan kekebalan tubuh seseorang dimana penyebabnya sampai saat ini masih belum diketahui. Penderita lupus akan mengalami gejala seperti, rambut rontok, kejang, stroke, letih, persendian kaku, sensitif terhadap cahaya matahari, ginjal akan ikut terpengaruhi, ruam di pipi yang berbentuk kupu-kupu, peradangan pada lapisan jantung atau paru-paru, mengalami perubahan warna jari-jari saat terkena udara dingin dan mengalami gangguan darah. Untuk pemeriksaannya sendiri, yaitu dengan melakukan echocardiogram dan X-ray pada bagian dada jika jantung serta paru-paru sudah terkena lupus.
  • Rheumatoid arthritis, peradangan kronis pada sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit, kaku serta bengkak. Gejala yang sering ditemui pada rematik jenis ini adalah rasa kaku, kemerahan, bengkak, tersa hangat dan nyeri. Yang dimana disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi tetapi malah menyerang sel normal pada persendian dan membuat sendi terasa nyeri. Hal tersebut terjadi karena faktor usia, hormon, lingkungan obesitas dan kebiasaan buruk merokok.
  • Sindrom Sjogren merupakan kondisi ketika kekebalan tubuh menyerang kelenjar penghasil cairan seperti air liur atau air mata. Gejala utama dari kondisi ini adalah mata kering dan mulut kering (xerostomia) yang bisa mengarah ke permasalahan kesehatan lainnya. Kondisi jenis rematik ini disebabkan karena adanya kelainan genetik dengan adanya infeksi sebagai pemicunya. Dimana kondisi ini juga dapat menimbulkan penyakit komplikasi seperti kebutaan, kanker getah bening, serta penyakit ginjal.
  • Ankylosing spondylitis, adalah penyakit kronis yang bsia menyebabkan tulang belakang mengalami peradangan, dan juga bisa membuat ruas tulang belakang melebur sehingga penderita sulit bergerak dan menjadi bungkuk. Ankylosing spondylitis dapat ditandai dengan gejala seperti nyeri dan kaku di leher, punggung bagian bawah, tulang rawan diantara tulang dada dan tulang rusuk, nyeri pada panggul, mengalami kelelahan, enthesis, dan arthritis. Kondisi ini diakibatkan oleh Gen HLA-B27 karena sekitar 90% penderita memiliki gen tersebut.
Perawatan yang bisa anda lakukan di rumah seperti kompres dengan es saat kaki bengkak atau air hangat saat nyeri. Hentikan kegiatan yang berat, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin C.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa. Salam Sehat!


No comments:

Post a Comment